Persiapan Tim Robotik ke Jogjakarta

Tim robotik Unissula yang bernama SA-ngkok sedang melakukan uji coba untuk menaiki tanjakan. Kegiatan rutin ini berlangsung setiap hari dalam rangka menghadapi Kontes Robot Indonesia yang akan diselenggarakan di UNY pada tanggal 28 Mei 2011. Kontes ini untuk memperebutkan tiket ke kontes tingkat internasional yang akan diselenggarakan di Bangkok. Kegiatan tersebut merupakan event tahunan DIKTI yang diawali dengan beberapa seleksi. Seleksi pertama adalah tahap pengiriman proposal, dan yang kedua adalah tahap laporan perkembangan dengan disertai pembuatan film/video dengan durasi 5 menit. Tahap selanjutnya adalah lomba/kontes yang diselenggarakan di beberapa wilayah/regional. Tim robotik Unissula akan mengikuti regional-3 yang pada tahun ini meliputi propinsi Jawa Tengah dan DIY.

Setiap minggu telah diadakan rapat koordinasi perkembangan robot yang dilakukan di lantai 3 FTI yang telah disulap menjadi lapangan lomba. Setelah melakukan rapat yang dihadiri oleh pembimbing kemahasiswaan, tim selalu mengadakan trial perlombaan. Tim ini diketuai oleh Suhardi, mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2008.

Tim kedua adalah tim Robot Cerdas Beroda yang diketuai oleh Agung mahasiswa Teknik Elektro 2009. Robot yang berwarna merah ini bertugas untuk menemukan lilin dan memadamkannya setelah melalui beberapa halangan. Ketua tim dibantu oleh Harun dari angkatan 2009 juga.

Robot berkaki merupakan tim yang diketuai oleh Ferry dan dibantu oleh Aditya. Keduanya merupakan mahasiswa angkatan 2007. Tugas robot ini sama dengan tugas Robot Cerdas beroda yaitu memadamkan api lilin yang ditempatkan secara acak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *