Tim Robotik

Tim Robotik Unissula merupakan suatu wadah bagi mahasiswa-mahasiswa UNISSULA khususnya Fakultas Teknologi Industri untuk berkreativitas dibidang perancangan dan pembuatan robot.  Tujuan khusus dibentuknya tim ini adalah untuk menyiapkan mahasiswa dalam mengikuti ajang nasional  tahunan DIKTI dalam Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Mulai tahun 2014 Kontes Robot Indonesia terdiri atas beberapa divisi lomba diantaranya adalah Kontes Robot ABU (Asian Broadcasting Union) Indonesia yang sering disingkat dengan nama KRAI, Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) divisi beroda dan berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Sepak bola Indonesia (KRSBI).

Cikal bakal pembentukan tim ini diawali pada tahun 2005 ketika beberapa dosen dan mahasiswa dikirim ke UI untuk belajar secara singkat kepada salah satu juri kontes tersebut serta belajar tentang pembentukan tim robotik UI.

Mulai tahun 2006, Tim Robotik selalu mengirimkan perwakilannya ke kontes robot baik tingkat regional maupun tingkat nasional. Prestasi gemilang yang telah diraih, sebagai pendatang baru pada tahun 2007 berhasil menjadi 10 besar tim unggulan pada tingkat nasional. Pada tahun 2008, Tim Robot Khaum berhasil meraih juara 2 Regional 3 (Jateng, DIY, dan Kalimantan) untuk KRI. Tim Robot An-Nur berhasil meraih juara 2 untuk kategori KRCI senior beroda dan Tim Al-Casir berhasil meraih juara 4 untuk kategori KRI pada tahun 2010. Tahun 2011 tim KRI SA-Ngkok kembali berhasil mendapatkan prestasi dikejuaran KRI Regional 3 yang diselenggarakan di Jogjakarta. Tim Khaum (Khaira Ummah) 2 VA merupakan tim robotik Unissula tahun 2012 yang meraih prestasi luar biasa di tingkat nasional. Pada Kontes Robot Nasional tersebut tim ini berhasil menduduki peringkat ke-5 sampai pada babak perempat final setelah sebelumnya meraih juara 3 di tingkat regional yang diselenggarakan di Jatidiri Semarang.

Pada tahun 2013 tim robotik X-Gawe KM4 meraih juara-1 di tingkat regional-3 yang diselenggarakan di Yogjakarta. Tahun 2014  tim KRAI (Kontes Robot ABU Indonesia) yang bernama Oke Muda Belia meraih juara-2 di tingkat regional dan juara Harapan-1 di tingkat nasional. Sedangkan untuk tim KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api) Beater 1.9 meraih juara 2 ditingkat regional dan urutan 5 besar di tingkat nasional.

Prestasi puncak ditingkat nasional diraih oleh tim Beater 2.3 ketika meraih juara 1 Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Divisi Beroda tingkat nasioanal 2015 dan berhak mewakili Indonesia di kancah internasional. Diajang kontes robot internasional Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) tahun 2016 di Hartford Conecticurt tim robotik Unissula meraih juara umum sehingga mendapatkan The Grand Performance Mastery Prize (GPMP).

Prestasi lain Tim Robotik ini adalah mendapatkan dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penerapan Teknologi (PKM-T) dari Dikti tahun 2007. PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K) diraih juga oleh tim ini pada tahun 2008 untuk kewirausahaan bidang pelatihan robotik bagi anak-anak sekolah. Pada tahun 2010, tim ini kembali mendapatkan dana hibah PKM-K untuk bidang usaha pembuatan mainan robotik. Marbot singkatan Masjid Robot Otomatis merupakan karya tim robotik di-PKM bidang Karsa Cipta (PKM-KC) yang didanai oleh Dikti pada tahun 2013. Tahun 2015 tim robotik mendapatkan hibah PKM-T (Penerapan Teknologi) dan lolos juga di PKM GT (Gagasan Tertulis).

Anggota tim robotik ini adalah sebagian besar dari mahasiswa FTI program studi Teknik Elektro. Disamping itu beberapa mahasiswa Teknik Informatika dan Teknik Industri juga bergabung dalam tim ini. Namun sebenarnya tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa dari program studi lain di UNISSULA yang memang berkemauan keras dan berminat untuk masuk ke dalam tim robotik UNISSULA ini.

Facebook: robotic unissula