Korean Culture Day

Sabtu 12 November 2016  Student Exchange Center of Dongseo University mengadakan kegiatan bertajuk “Korean Culture Day” untuk para mahasiswa, khususnya mahasiswa internasional. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk festival sekolah dimana tersedia berbagai booth yang masing-masing mewakili budaya korea, diantaranya : Taekwondo, Old school uniform and Traditional clothes (Hanbok), Korean Kite, Traditional fan,  Traditional Game, Calligraphy, Korean Paper Mask, dan masih banyak lagi. Pada booth tertentu seperti Korean Kite, Traditional Fan, Calligraphy dan Paper Mask, pengunjung diajak untuk membuat kreasi mereka sendiri. Di booth lainnya, pengunjung diperbolehkan mencoba Hanbok dan mencoba permainan tradisional Korea. Setiap selesai melakukan kegiatan, pengunjung akan di beri “stamp of accomplishment” yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah.

Selain booth, panitia juga mengadakan perlombaan yang terbuka untuk umum, beberapa diantaranya adalah throwing shoes (lempar sepatu), arm wrestling (panco), rope jumping (lompat tali) dan sebagainya. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua setengah jam ini (13.30 – 16.00) dimulai dengan pertunjukan Taekwondo, Samulnori (musik perkusi khas Korea) serta ice breaking berupa senam ringan dan “greeting to strangers” dimana para pengunjung harus menari bersama dan menyapa orang-orang yang tidak mereka kenal. Panitia berharap sebelum memulai kegiatan, semua pengunjung dapat berbaur dan mengenal satu sama lain, dan sapaan adalah permulaan yang baik.

Di akhir acara, semua pengunjung diajak untuk berpartisipasi pada permainan “X or O”, kemudian panitia membagikan souvenir berupa tas dan makanan serta minuman khas Korea. Kegiatan ini sedikit banyak dapat menambah pengetahuan para mahasiswa internasional mengenai budaya dan tradisi Korea serta di beberapa booth, pengunjung juga dapat mempelajari keahlian baru yakni membuat beberapa barang tradisional Korea seperti kipas, layangan, kaligrafi, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *